99 Keistemewaan Gus Dur ( Pantaskah Jadi Pahlawan Nasional ??)


Sebelum Gusdur meninggal sudah punya buku “bagus” berjudul 99 Keistimewaan Gusdur ( biar seimbang sebetulnya saya ada niat untuk menulis ke-99 keistimewan itu, tetapi dihalaman kedua buku tsb ada peringatan untuk tidak memperbanyak/memindahkan seluruh/sebagian buku kedalam betuk apapun termasuk electronik maka niat tsb saya urungkan )

Dalam buku itu kita seolah akan diajak berfikir bahwa Gusdur adalah manusia yang mendekati  sempurna, tanpa cacat sedikitpun. Benarkah demikian???

Kalau ditelusuri ( maaf, namanya juga mencari kesalahan orang, pasti lebih gampang ) akan banyak hal hal nyeleneh dan menyimpang dari Gusdur semasa beliau hidup yang tidak perlu saya sebutkan satu persatu.

Satu hal yang masih membuat geram sampai sekarang adalah pernyataan bahwa  Al-Quran Kitab Paling Porno ( Walaupun sudah banyak yang membantahnya, contohnya disini atau Download buku Hartono Ahmad Jaiz disana )

Pasca wafatnya Gus Dur, mengalir usulan pemberian gelar Pahlawan Nasional bagi Gus Dur , baik dari individu, masyarakat maupun organisasi. Banyak partai yang juga mendukung Gus Dur sebagai Pahlawan Nasional, mulai dari partai Gus Dur sendiri, PKB, kemudian PPP, PDIP Gerindra, Demokrat, juga tokoh Nasional Amien Rais, bahkan sampai Facebookers juga mendukung hal tersebut.

Apa sih syarat syarat untuk menjadi pahlawan nasional ( menurut UU Republik Indonesia No.20 Tahun 2009 )

Syarat umum sebagaimana dimaksud dalam Pasal 24 huruf a terdiri atas:

  1. WNI atau seseorang yang berjuang di wilayah yang sekarang menjadi wilayah NKRI;
  2. Memiliki integritas moral dan keteladanan;
  3. berjasa terhadap bangsa dan negara;
  4. berkelakuan baik;
  5. setia dan tidak mengkhianati bangsa dan negara; dan
  6. Tidak pernah dipidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana yang diancam dengan pidana penjara paling singkat 5 (lima) tahun.

Terlepas dari syarat syarat diatas saya pribadi berpendapat bahwa Gusdur TIDAK PANTAS mendapat gelar Pahlawan, karena sama saja dengan menyakiti hati umat Islam.

Tetapi bagaimanapun juga Gusdur adalah seorang muslim, walaupun banyak orang meragukan keislamanya tetapi apakah di antara kita ada yang tahu persis bahwa gus dur tidak lagi melaksanakan shalat? Atau tidak membayar zakat? Atau dia tidak lagi mengakui syahadat?. Jadi saya tetap mendoakan agar Allah mengampuni dosa dosanya..

Selamat Jalan mbah Dur… ( mengutip pernyataan KH Kholil Muhammad ) semoga tidak ada lagi Kiai yang nyeleneh sepertimu..

Update :06-01-2010 jam 19.00

di Facebook muncul group tandingan yang menolak Gusdur menjadi Pahlawan Nasional ( disini ,atau  disitu , atau disana, dll ) , Semoga isinya tidak hanya hujat menghujat.

Baca Juga

18 Tanggapan

  1. biarlah rakyat yang menilai apakah gusdur pantas atw tidak menjadi pahlawan..!!! tentunya harus objektif….😀

  2. Hanya satu putusan Yang Maha Adil Al Qodhi Robb Al Jalil.. Manusia hanya punya prasangka..

  3. mas, yuk kita bedah pemikiran gusdur… hubungi saya kalau mau… nanti saya datangkan juga mas sastro (mantan sekretaris pribadi gusdur, Kh. syarief rahmat). agar masyarakat bisa menilai langsung. jangan sekedar menghina…..

    COKIE :
    wa’alaikumsalam wr wb
    apa yang ditanam, itulah yang dipetik
    postingan ini bukan untuk menghina beliau, terus terang saya salut dengan keluarga besar gusdur tetapi tidak dengan jalan pemikiran gusdur
    kalo untuk debat2 kayaknya sudah mulai rame tuh di tipi ( semalem di tvone sudah dimulai ). tidak bisa dielakkan perdebatan tentang hal ini pasti juga akan sampai di tvone ( kita tunggu aja , mungkin kita bisa ketemu )
    tetapi apa iya masalahnya akan selesai hanya dengan debat???

  4. tidak cukupkah do,a permohonan ampun kepada ALLAH terhadap almarhum Gusdur atas kesalahan yang jelas pernah dilakukan ketika hidup didunia,sehingga kita perlu melakukan pemujaan yang berlebihan terhadap almarhum dan melakukan perdebatan yang tidak jelas juntrungnya.

  5. hmm, begitu emosional..

    cobalah berpikir lebih obyektif kawan. kalo mainstream gusdur gk sesuai dgn anda, jgn terburu2 menyimpulkan mainstream beliau sudah pasti berseberangan dgn islam.

    jgn pernah merasa superior dlm beragama. tawadu’ lah..

    semoga kita dijauhkan dr ilusi akan kebenaran

  6. Muhammad adalah Rasulullah, dan orang-orang yang menyertainya adalah orang-orang yang lemah lembut dan sangat berkasih terhadap kaum beriman tetapi keras dan tegas terhadap kaum kafir. Gus Dur kebalikannya.

  7. banyak diantara kaum kafir yang masuk islam karena kelembutan nabi, dan kasih sayang nabi pada seluruh umat.

  8. Perdebatan tentang Yang Mulia Guru Bangsa Gus Dur.
    tidak semeriah perdebatan ” WASILAH ” .
    Apakah artinya Gus Dur lebih jelas dari perkara Wasilah ?
    Kalau demikian yang memusuhi/tidak sejalan dengan Gus Dur masih perlu memahami Islam yang rakhmatan lil’alamin, barangkali……
    Ketua Ranting NU Pancurendang Ajibarang Banyumas Jateng

  9. baru belau meninggalkan dunia sudah meributkan……gus dur nga jadi pahlawan nasional ,,namanya juga udah di keang oleh rakyat indonesia…..

  10. GUS DUR TIDAK PANTAS JADI PAHLAWAN, COCOKNYA JADI PENGOBOK OBOK AGAMA DENGAN DALIH HAM , LIBERALISME, SEKULARISME
    GO TO HELL…

  11. Heran bisanya bikin postingan MENGHUJAT aja.
    SARAN : Buat orang-orang yang paling ISLAM (merasa) dan lebih mementingkan negara orang lain (PALESTINA) ketimbang NKRI, mendingan dihimbau SEGERA PINDAH massal ke PALESTINA aja biar nggak bikin aneh-aneh di NKRI.

  12. saya meyakini siapapun yang mengaku, merasa, berujar paling baik ketimbang yang lain itulah syetan yang sebenarnya…..
    GUS DUR………… banyak umat manusia yang merasakan kemanfaatan atas karyamu….. Insya Alloh Engkau bagian dari Khoirunnas Anfa’uhum Linnas..

  13. gitu aja kok repot……. yang tidak suka GUS DUR itu urusan kalian,,, aq sih like2 ok deh,,,,,…

  14. Khoirunnas anfauhum linnas….

  15. ah…yang ga suka karena ga bisa hebat seperti gus dur yang diakui eksistensinya didunia nasional/internasional,,,lumrah ada yang suka & ada yang tidak…yg perlu difikir apa sumbangsihmu bagi negeri, bangsa dan rakyat ini sudah setara gus dur/apakah sisi negatif beliau lebih banyak daripada sisi positifnya?? itu yg perlu digaris bawahi mas bro…

  16. yang jahat penghuni neraka….ha ha ha ha….

  17. ditelaah lebih jauh dulu jangan asal menghina!!!!!!!!!!!!!!
    kalian yang masih berfikir negatif ttg beliau krn kalian masih awan cara berfikir kalian hny sbts syariatnya aja….jd akal kalaian blm mmpu menrimany ibarat kalian itu masih PAUD, sdg yang beliau (gus dur) sudh sarjana jd kalian tdk bs memahami ucapan beliau krn fikirn anda msih sbtas bermain.!!!!!!!!!!!!!!!!1

  18. kita masih belum mampu menerima apa2 yang disampaikan oleh gusdur,pemkiran gusdur jauh melampaui pemikiran umatnya, makanya kalau gusdur mengeluarkan fatwa, sebagian dari mereka menyangka bahwa itu hanya bualan belaka,atau gusdur hanya mencari sensasi saja,tapi kalau kita menelaah apa yang beliau sampaikan kita akan berkata”ooo ternyata apa yang disampaikan gusdur itu benar ya”. itulah kebodohan kita, kita hanya menilai orang dari bungkusnya saja, tapi kita lupa menilai bahwa dibalik kulit itu ada isi yang harus kita ambil. bagi gusdur adalah bapak plurarise,guru bangsa, pelindung bagi yang lemah,dan pembela kaum minoritas. wong agama lain aja percaya bahwa gusdur adalah guru bangsa yang sejati, kenapa kita yang mayoritas agama islam masih belum yakin terhadap sosok beliau.?sungguh ironi dan menyedihkan…
    dan yang perlu kita garis bawahi bahwa gusdur juga manusia tdak lepas dari khilaf dan dosa. satu harapan..gusdur aku ingin berjumpa denganmu di akhirat kelak. terima kasih dan salam ukhuwah islamiyah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: